Popularitas Instagram semakin meningkat sejak diperkenalkan 2010 lalu. Satu dekade ini Instagram tidak hanya digunakan untuk berbagi foto dan menjalin hubungan online, tetapi juga berkembang pesat dengan bermacam fitur- fitur menarik tambahan. 2018 mencatat Instagram sebagai platform yang sangat kuat untuk memperkenalkan bisnis.
Bahkan perkiraan pendapatan iklan seluler Instagram diperkirakan mencapai 6,8 miliar dolar AS pada 2018 saja. Platform media sosial ini telah menumbuhkan dan mengembangkan trennya tersendiri seperti selebgram. Ini adalah perpaduan dari kata celebrity (seleb) dan Instagram. Mereka yang mendapatkan julukan ini adalah mereka yang mempunyai banyak pengikut dan mempunyai opini dan gaya yang banyak diikuti oleh pengikutnya.
Berkembangnya tren selebgram saat ini membuatnya menjadi profesi era digital yang disukai banyak orang. Meski profesi ini cukup baru, tetapi telah mengukuhkan kredibilitasnya dengan baik, terbukti dengan banyaknya brand atau merek yang memanfaatkan jasa selebgram ini. Seorang selebgram juga adalah bagian influencer yang mana mereka akan berbagi informasi akan suatu produk/jasa yang nantinya akan membuat pengikutnya mengenal dan juga mencoba produk/jasa tersebut.
Manfaat dan Alasan Brand Menggunakan Jasa Influencer dan Selebgram
Pemasaran bisnis melalui influencer dan selebgram adalah salah satu cara terbaik untuk membangun sebuah brand secara online dengan cepat dan meningkatkan kesadaran di antara audiens target brand tersebut. Menurut Forbes, pemasaran influencer tumbuh lebih cepat daripada iklan digital, dengan penekanan pada peningkatan pengikut pemimpin industri untuk mendorong pertumbuhan dalam bisnis Anda sendiri. Berikut adalah enam manfaat besar menggunakan pemasaran melalui selebgram untuk meningkatkan strategi sosial bagi sebuah bisnis.
Membangun kepercayaan terhadap brand
Influencer telah membangun hubungan, kepercayaan, dan kredibilitas dengan penggemar mereka yang menghormati konten dan rekomendasi mereka. Dengan menggunakan selebgram, maka brand akan mendapatkan perhatian dari pengikut selebgram, dengan begini pesan yang hendak disampaikan oleh brand akan cepat terlihat, terdengar dan diketahui,
Meningkatkan akan brand awareness
Seperti disebutkan, pemasaran influencer dapat sangat memperluas jangkauan dan posisi brand secara online. Pengguna sosial akan mulai mengetahui lebih banyak tentang merek Anda, kisah Anda, siapa Anda, dan solusi yang Anda tawarkan.
Memperkaya strategi konten brand
Berbagi konten influencer dapat membantu brand atau merek. Bisa saja brand sedang tidak mempunyai konten dan karena adanya kerjasama dengan seorang selebgram, brand bisa memanfaatkan konten tersebut. Ini juga akan memberikan kepercayaan terhadap brand yang menghargai konten yang dibuat oleh influencer dan selebgram.
Efektif mencapai target audiens
Melalui influencer dan selebgram yang relevan, konten brand ditempatkan di depan pengguna sosial yang sudah tertarik dengan niche brand/merek.Ini membuat brand tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk menguji dan menemukan audiens mereka karena dengan bantuan influencer selebgram yang telah mengembangkan audiens ini di media sosial.
Langkah dan Panduan Menjadi Selebgram Bagi Pemula
Influencer dan selebgram nyaris tidak terpisahkan, karena selebgram dengan basis pengikut yang besar dapat membuat perubahan seperti mempengaruhi cara pikir dan membuat pengikutnya melakukan sesuatu yang mereka minta. Namun untuk menjadi selebgram yang bermutu dengan potensi kerja sama dengan merek-merek besar tidaklah mudah. Sama seperti profesi lain, menjadi selebgram dengan kapasitas influence yang besar memerlukan usaha dan dedikasi. Simak beberapa langkah mudah untuk membangun pengikut yang setia dan menjadi selebgram yang bisa diperhitungkan oleh brand.
Menentukan niche instagram Anda
Kedengarannya sederhana dan mungkin sepele, tetapi ini adalah langkah dasar untuk menjadi seorang selebgram. Disini Anda tidak hanya harus memeriksa apa yang Anda sukai, tetapi Anda juga harus jujur pada diri sendiri tentang apa yang Anda kuasai. Mulai dari lifestyle, olahraga, memasak, seni, kecantikan, kerajinan tangan, apa pun itu bisa menjadi niche Anda.
Fokus pada bio Instagram Anda
Bio atau biodata singkat Anda di Instagram adalah bagian identitas penting Anda di media sosial yang terkenal ini. Layaknya melakar pekerjaan dengan CV dan resume, maka bio di profil Anda juga berfungsi seperti itu juga. Ini membuat bio tidak hanya menjadi pengenalan diri Anda, tetapi juga harus dapat menangkap esensi dari siapa Anda. Pastikan untuk menghubungkan tautan di bio Anda jika Anda memiliki situs web atau blog.
Membuat konten Instagram yang aesthetic
Aesthetic adalah faktor utama sejak dunia mengenal Instagram. Semua penggunanya berlomba- lomba untuk menampilkan foto yang menarik dengan tone warna yang terkadang mengikuti trend. Begitu juga dengan pengambilan foto, semakin hari pengguna Instagram semakin kreatif sehingga hasil foto mereka bisa disejajarkan dengan hasil fotografer profesional. Menjadi selebgram berarti Anda juga harus mempunyai skill ini, maka pelajari cara mengambil foto yang bagus. Anda juga dapat membuat ciri khas Anda sendiri sehingga konten foto Anda menjadi kohesif dan itu menjadi ciri khas bagi Anda.
Foto-foto konten melibatkan pengikut Anda, tetapi caption pada Instagram postingan Anda juga sangat diperhatikan oleh pengikut Anda nantinya. Jadi jangan abaikan elemen kecil tapi signifikan ini mengingat caption membuat foto Anda tampak menarik dan nyata. Caption juga bisa dikatakan sebagai suara Anda dalam berbicara dengan pengikut Anda. Jadi tunjukkan kepribadian Anda dan buatlah caption instagram Anda semenarik mungkin demi melengkapi foto Anda yang indah.
Ciptakan dan gunakan hashtag
Hashtag bisa juga menjadi identitas bagi seseorang atau dalam mencari sesuatu. Tidak mengherankan jika banyak pengguna Instagram menggunakan hashtag disamping untuk membantu menjadikannya bagian dari mereka, juga dapat mengatakan suatu perasaan atau tren.
Instagram sendiri akan memungkinkan Anda menambahkan hingga tiga puluh tagar dalam satu pos, tetapi lebih baik memilih 12 atau lebih tagar teratas yang sangat relevan dengan gambar Anda. Memberi tagar pada jenis foto, perangkat yang Anda gunakan, tempat pengambilannya, dan aplikasi yang Anda edit adalah cara yang bagus untuk konten Anda. Temukan hashtag atau tagar yang tepat agar postingan Anda tidak tenggelam diantara jutaan konten Instagram lainnya.Analisis Instagram
Karena Anda memiliki niche, Anda tidak memposting sesuatu secara acak, tetapi secara strategis. Postingan apa yang disukai pengikut Anda, konten mana yang mana yang kurang menarik, seberapa banyak antusiasme yang Anda dapatkan dari konten tersebut? Anda harus mampu menganalisa ini semua karena ini akan membantu Anda dalam membangun status Anda di Instagram.
Kesimpulan dan Penutup
Menjadi terkenal di media sosial Instagram tidak hanya menjadi idaman banyak penggunanya, tetapi juga berpotensi mendatangkan peluang kerjasama dari brand terkemuka Sebagai profesi baru milenium ini, pengguna Instagram yang populer mengubah popularitas mereka menjadi hal yang baik atau buruk, yang dapat mempengaruhi pengikutnya.
Sedangkan untuk benar- benar menjadi selebgram dengan pengaruh atau influence yang tinggi bukanlah jalan yang instan. Bahkan untuk mendapatkan basis pengikut yang banyak dan membuat mereka mendengarkan suara Anda, adalah kerja keras yang memakan waktu. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi selebgram, mulailah memperbaiki bio dan kualitas konten Anda secara bertahap sehingga nantinya akan menarik peluang kerjasama dari brand seperti selebgram yang telah lebih dulu terkenal.
No comments:
Post a Comment